Parenting
Pemberian Nutrisi Untuk Bayi Prematur

Pemberian Nutrisi Untuk Bayi Prematur

Hingga sekarang ini bayi yang lahir prematur masih menjadi sebuah masalah yang penting. Karena bayi prematur merupakan bayi yang dilahirkan pada usia kehamilan sebelum 37 minggu. Dan biasanya bayi yang dilahirkan secara premature memiliki berat badan yang rendah bahkan ada juga yang sangat rendah yaitu dibawah 1 kilogram. Tetapi karena sekarang perkembangan zaman sudah semakin pesat, sudah banyak bayi-bayi prematur yang dapat diselamatkan terutama di negara-negara berkembang. Dan itu semua karena pemberian nutrisi untuk bayi prematur yang tepat.

Cara Pemberian Nutrisi Untuk Bayi Prematur

Tidak ada seorang ibu yang menginginkan bayinya lahir sebelum waktunya lahir. Tapi untuk mengantisipasi terjadinya kelahiran prematur, Anda perlu mengetahui cara pemberian nutrisi untuk bayi prematur demi terhindar dari resiko yang tidak diinginkan.

  1. Sesaat setelah kelahiran bayi dengan cara prematur di rumah sakit, biasanya pemberian makan terhadap bayi prematur tergantung dari usia kehamilan pada saat melahirkan serta kondisi medis terhadap bayi prematur itu sendiri. Jika bayi yang dilahirkan sangat terlalu awal, biasanya bayi prematur tersebut diberi asupan nutrisi seperti vitamin, asam amino yang merupakan bahan dasar dari protein, lemak, larutan gula, garam, dan juga air melalui infus ke dalam pembuluh darah bayi tersebut.
  2. Selain itu, bayi prematur biasanya menggunakan alat bantu sejenis selang yang dimasukkan melalui rongga hidung hingga ke perut untuk membantu penyerapan nutrisi. Dan biasanya ini dilakukan hingga bayi prematur tersebut cukup kuat untuk diberikan ASI dari ibunya.
  3. Jika bayi akhirnya sudah bisa diberikan ASI, biasanya perawat akan membantu ibu untuk menyusui bayi dengan gaya kanguru. Hal ini bertujuan agar bayi merasakan hangatnya kulit ibu seperti saat masih dalam kandungan.
  4. Jika bayi sudah siap untuk menerima ASI tetapi belum bisa untuk diberikan secara langsung, Anda perlu memerah ASI tersebut dan memberinya melalui tabung.
  5. Jika ASI belum keluar tapi bayi sudah bisa menerima ASI, biasanya dari rumah sakit menyediakan susu formula yang sangat tepat untuk bayi prematur. Dan biasanya susu formula tersebut lebih kaya akan nutrisinya dibandingkan dengan susu formula biasa.

Pemberian ASI Merupakan Langkah Tepat Dalam Pemberian Nutrisi Untuk Bayi Prematur

ASI dari seorang ibu yang baru saja melahirkan bayi prematur sangat berbeda dengan ASI yang berasal dari seorang ibu yang melahirkan bayi dengan cukup bulan. Hal ini dikarenakan ASI yang keluar mengikuti kebutuhan nutrisi dari bayi tersebut. Dan karena bayi prematur sangat membutuhkan nutrisi yang tinggi dibandingkan dengan bayi lahir cukup bulan maka ASI yang dihasilkan pun jauh lebih bernutrisi dan lebih bagus dari ibu yang melahirkan bayi prematur.

Akan tetapi, kandungan nutrisi ASI dari ibu yang baru melahirkan bayi prematur akan berubah menjadi ASI seperti bayi cukup bulan dalam waktu 3 hingga 4 minggu. Tapi biasanya bayi prematur yang sudah berusia 3 hingga 4 minggu memang sudah cukup waktunya mendapatkan ASI sesuai dengan kebutuhannya. Itulah alasannya pentingnya memberikan ASI pada bayi Anda karena ASI memberikan nutrisi yang tepat sesuai dengan kebutuhan bayi Anda.

Jadi, pemberian ASI merupakan cara yang sangat tepat dalam hal pemberian nutrisi untuk bayi prematur. Bahkan hal tersebut memberikan keuntungan yang tinggi bagi bayi prematur baik dari segi nutrisi, fisiologis, dan juga dari segi emosional jika dibandingkan dengan bayi yang lahir dengan cukup bulan.

error: Content is protected !!