Diet
Pola Makan Diet Sehat

Pola Makan Diet Sehat

Memiliki berat badan berlebih tentulah tidak menyenangkan, bahkan bisa mengurangi rasa percaya diri seseorang, khususnya kaum hawa. Selain itu, kegemukan juga menjadi salah satu penyebab penyakit. Untuk itu, berbagai cara dilakukan untuk menurunkan berat badan hingga mencapai berat badan ideal. Demi mencapai berat badan ideal mereka rela melakukan diet ekstrim, mengonsumsi obat-obatan atau operasi sedot lemak. Semua cara tersebut tentunya sangat beresiko apabila tidak dijalankan sesuai ketentuan.

Nah, Diet sehat menjadi salah satu alternatif yang tepat dalam upaya menurunkan berat badan berlebih. diet sehat dipilih karena lebih aman dan tanpa efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. Meskipun diet sehat dianggap sebagai alternatif untuk menurunkan berat badan seseorang, namun kenyataannya tidak banyak sukses melakukannya. Kegagalan dalam menjalankan diet sehat tersebut kebanyakan karena salah dalam mengatur pola makan. Nah, kira-kira bagaimanakah pola makan diet sehat?
Papa orang yang kelebihan berat badan, umumnya karena mereka terlalu cuek dan kurang peduli dengan pola makannya. Nah, salah satu prinsip sukses menjalankan diet sehat adalah mengatur pola makan dengan gizi seimbang, yakni antara karbohidrat, protein, mineral dan juga lemak. Dengan konsisten menerapkan pola makan bergizi seimbang, niscaya tubuh langsing ideal dan sehat bukan lagi impian.

Nah, agar lebih jelasnya, simak pola makan diet sehat berikut ini :

  1. Pemilihan karbohidrat yang tepat
    Jika sebelum diet, Anda bebas mengonsumsi karbohidrat sederhana, maka ketika memutuskan menjalankan diet sehat pilihlah karbohidrat kompleks, misalnya oatmeal, ubi, nasi merah, nasi jagung, dan lain sebagainya. Kenapa harus karbohidrat kompleks? Karena karbohidrat kompleks mampu memberikan enerji pada kita secara stabil dan konstan meskipun waktunya agak lama. Selain itu, karbohidrat komplek juga membuat kita kenyang lebih lama sehingga menghindarkan tubuh kita dari penumpukan lemak akibat kelebihan cadangan energi.
  2. Jangan lupakan sarapan
    Meskipun tengah menjalani diet, namun jangan lupakan acara sarapan ya. Karena sarapan sangat penting bagi kelancaran aktivitas harian Anda. Ketika malam hari, sistem pencernaan kita bekerja optimal dalam mencerna sisa makanan. Jadi ketika bangun tidur, perut kita dalam kondisi kosong. Apabila tidak diisi maka secara otomatis akan memicu meningkatnya produksi asam lambung dan dapat melukai lambung. Alhasil, tubuh langsing tidak bisa diraih, penyakit maag menjadi hadiah terindah karena kecerobohan Anda melupakan sarapan.
  3. Perbanyak makan sayur dan buah-buahan
    Sayur dan buah-buahan sangat penting dikonsumsi saat menjalankan diet sehat, karena selain kaya vitamin dan enzim penting, sayur dan buah-buahan juga serat penting yang membantu suksesnya program diet Anda.
  4. Konsumsi kacang-kacangan
    Salah satu pilihan makanan diet sehat alami adalah kacang-kacangan. Beberapa jenis kacang yang baik dan sehat dikonsumsi saat diet, antara lain : almond, kacang kenari, kacang hijau, dan lain sebagainya. Kacang mengandung banyak serat, vitamin, mineral, protein, zat besi dan juga antioksidan.
  5. Rutin konsumsi Vitamin C
    Vitamin C tidak hanya baik untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh, tapi juga dapat membantu program diet sehat Anda. Rutin konsumsi Vitamin C karena dapat membantu melarutkan lemak berlebih dalam tubuh sehingga tubuh tidak sempat menyerapnya.
  6. Hindari makan sebelum tidur
    Ada baiknya mengurangi kebiasaan mengonsumsi makanan atau cemilan pada malam hari atau menjelang tidur. Pada malam hari, terutama menjelang tidur, sistem pencernaan mulai bekerja, apabila pada jam tersebut kita makan, maka akan menghambat kerja sistem tubuh dalam mencerna makanan. Yang terbaik adalah stop makan dan biarkan sistem pencernaan kita mempunyai kesempatan lebih leluasa untuk mencerna makanan. Untuk mengatasi lapar pada malam hari, pilihlah buah-buahan yang kaya serat atau minumlah air putih secukupnya.
  7. Hentikan kebiasaan ngemil
    Banyak yang salah kaprah mengartikan ngemil bisa mengurangi berat badan karena Anda terhindar dari megonsumsi makanan berat. Hal ini salah besar, karena kebiasaan ngemil justru dapat meningkatkan berat badan dnegan cepat. Kebanyakan cemilan mengandung karbohidrat dan kadar gula tinggi sehingga sangat cepat membuat Anda gemuk.

Semoga informasi tentang Pola makan diet sehat diatas dapat menambah wawaan dan pengetahuan Anda semua.

error: Content is protected !!