Diet
Pola Makan Untuk Menurunkan Berat Badan

Pola Makan Untuk Menurunkan Berat Badan

Berat badan yang ideal tentu diharapkan oleh semua orang, terutama kaum hawa. Selain ini berbanding lurus dengan kesehatan, berat badan pun selalu diidentikan dengan penampilan yang menarik.Itulah mengapa berbagai macam cara ditempuh untuk mendapatkannya. Mulai dari cara-cara alami seperti olahraga dan mengkonsumsi makanan sehat hingga diet ekstrim atau operasi plastik sebagai jalan pintas.

Padahal menurunkan berat badan dapat juga dilakukan dengan menentukan pola makan sesuai dengan kebutuhan tubuh kita. Berikut beberapa cara yang direkomendasikan para pakar kesehatan. Pertama, pola makan untuk menurunkan berat badan yang paling sederhana adalah minum air putih 2 liter untuk pria dan kurang lebih 1,6 liter untuk wanita setiap harinya. Minum air putih diyakini dapat menunda rasa lapar dan keinginan untuk mengemil di sela-sela waktu makan yang sesungguhnya.Kedua, biasakan sarapan. Banyak orang yang selalu terburu-buru di pagi hari, tidak mementingkan kebiasaan ini. Padahal dengan membuat perut Anda penuh sebelum melakukan berbagai aktifitas adalah salah satu cara untuk mendapatkan enegi cukup tanpa mudah dihinggapi rasa lapar sebelum waktu makan siang tiba.

Ketiga,pilihlah buah-buahan segar atau juice sayur jika memang Anda tak dapat menahan rasa lapar. Sebanyak apapun buah yang Anda konsumsi, itu tidak akan berpengaruh kepada bobot tubuh. Belum lagi keuntungan yang dapat Anda peroleh setelahnya, seperti lancarnya pencernaan dan terpenuhinya vitamin yang dibutuhkan. Keempat.mengurangi asupan karbohidrat mungkin tidak akan terlalu memberatkan asalkan dilakukan secara bertahap. Jika Anda sudah memakan nasi untuk makan siang, jangan lagi memilih kentang atau jagung atau makanan olahan yang terbuat dari keduanya sebagai lauk. Atau kurangi porsi Anda saat sarapan, lalu tambahlah sedikit saat makan siang dan kembali kurangi saat makan malam. Lakukan secara teratur.

Pola makan untuk menurunkan berat badan yang kelima adalah menghindari makanan cepat saji atau instant. Karena tergiur dengan kemudahannya atau alasan tidak bisa memasak, kita cenderung memilih makanan-makanan ini. Zat pengawet yang terdapat didalamnya selain berbahaya terhadap kesehatan secara keseluruhan juga ternyata menjadi pemicu timbunan lemak yang sulit untuk dihilangkan. Keenam,kurangi daging. Daging menganduk lemak tak jenuh, jika dikonsumsi terlalu sering tentu akan dengan mudah berdampak kepada berat badan. Untuk tetap mendapatkan asupan protein yang dibutuhkan tubuh pilihlah sumber lain seperti ikan atau telur.

Beberapa pola makan untuk menurunkan berat badan atau untuk tetap menjaga berat badan Anda tetap ideal sebenarnya sangatlah mudah jika dilakukan dengan niat dan konsistensi,Anda segera akan mendapatkan hasilnya. Tetapi untuk menunjang kesempurnaan hasil dari pola makan yang sudah Anda pilih, jangan juga lupakan untuk tidur cukup dan olah raga. Waktu tidur yang tidak teratur akan membuat Anda lebih sering didera rasa lapar karena tubuh yang terus digunakan untuk beraktifitas. Jadi, tidurlah sebanyak delapan jam di malam hari dan Anda akan merasakan bugar ketika terbangun. Selalu “curi” waktu untuk berolahraga ringan di pagi atau sore hari ketika Anda pulang ke rumah. Olahraga dapat menjadi relaksasi otot dan otak Anda yang sudah lelah digunakan seharian. Berilah kesempatan seluruh bagian tubuh Anda luar dan dalam untuk beristirahat dengan tetap optimis dengan berbagai hal yang sedang Anda hadapi. Ini adalah upaya untuk menjauhkan Anda dari stres yang sesungguhnya juga merupakan elemen yang seringkali merubah berat badan Anda dengan cepat. Semoga bermanfaat!

error: Content is protected !!