Sejarah Asal Mula Operasi Plastik

Operasi plastik barangkali merupakan salah satu keajaiban dunia kedokteran dan bedah kosmetikal pada akhir abad ke-20. Melalui operasi plastik, berbagai macam kerusakan fisik yang disebabkan oleh kecelakaan atau bencana berhasil “dikurangi” dampak buruknya terhadap estetika penampilan ataupun wajah. Tidak hanya bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan fisik tubuh, operasi plastik juga bermanfaat untuk koreksi atau memperbaiki bagian-bagian tubuh atau wajah yang dianggap “kurang” sempurna misalnya memancungkan hidung, memperkecil ukuran bibir atau bahkan yang paling ekstrim barangkali merubah organ genital. Berbagai macam “keajaiban” dunia medis di atas melengkapi perkembangan dan kemajuan teknologi dan sains. Bagaimanakah sejarah asal mula operasi plastik?

Sejarah operasi plastik

Menurut berbagai sumber, sejarah asal mula operasi plastik dimulai sebelum abad 1 SM. Dikatakan bahwa pada masa tersebut bangsa Romawi kuno sudah mulai mengenal teknik bedah plastik dengan metode penyambungan. Pada kurun waktu tersebut, tenaga medis Romawi kuno sudah mengembangkan kemampuan memperbaiki telinga yang rusak dengan metode yang sederhana. Hal ini dapat dibuktikan melalui beberapa literatur kuno yang pernah ditemukan oleh para sejarawan dan ilmuwan. Barulah pada pertengahan abad 6 M, seorang ahli medis dari India bernama Sushruta Samhita berhasil membuat suatu terobosan penting dalam bidang operasi plastik. Bersama koleganya yang bernama Charak, Sushruta membuat banyak sekali jurnal medis dalam bahasa Sansekerta mengenai teknik Rhinoplasty atau operasi plastik untuk memperbaiki estetika wajah dan tubuh.

Seiring dengan makin berkembangnya jalur perniagaan dunia lewat jalan darat yang lebih dikenal dengan jalur sutera pada saat itu, makin banyak pula para pedagang dari berbagai negara yang singgah di India. Beberapa pedagang yang berasal dari negara Arab pada masa pemerintahan khalifah Abbasiyah, berhasil menerjemahkan hampir sebagian besar jurnal medis Sushruta Samhita mengenai operasi plastik ke dalam bahasa Arab. Terjemahan jurnal medis ini akhirnya dibawa oleh pedagang-pedagang Arab hingga sampai ke Eropa terutama di negara Inggris. Sejarah asal mula operasi plastik di Eropa ini ditandai dengan beberapa ahli medis asal Inggris yang berniat untuk mempelajari teknik operasi rhinoplasty yang berhasil dilakukan oleh Kumhar Vaidya dengan metode lokal yang pernah dipublikasikan oleh salah satu majalah pria kenamaan di Inggris pada 1794. Joseph Constantine Carpue, salah seorang ahli medis yang turut dalam rombongan, akhirnya menetap di India selama dua dekade untuk mempelajari metode operasi plastik setempat.

Menurut beberapa sumber, sekembalinya dari India, yaitu pada tahun 1814, Joseph Constantine Carpue sukses melakukan operasi plastik pada seorang prajurit militer Inggris yang kehilangan hidungnya akibat keracunan merkuri berdasarkan ilmu yang dipelajarinya dengan sedikit mengadaptasikan teknik kedokteran dunia barat. Kesuksesan operasi plastik ini makin mengukuhkan keyakinan bahwa sejarah asal mula operasi plastik menggunakan metode modern berasal dari dunia Eropa. Seiring dengan berkecamuknya Perang Dunia I, teknologi operasi plastik makin berkembang pesat yang disebabkan banyaknya korban perang yang banyak membutuhkan operasi estetika. Harold Gillies, seorang Otolaryngologist Selandia Baru yang bekerja di London, akhirnya mengembangkan banyak teknik-teknik operasi plastik modern dalam merawat tentara-tentara yang menderita kerusakan pada wajah. Harold Gillies pula yang berhasil melakukan operasi pergantian kelamin dari wanita ke pria pada tahun 1946. Peristiwa ini akhirnya memicu makin majunya teknolgi rhinoplasty di seluruh dunia.

Demikianlah sekelumit sejarah asal mula operasi plastik yang diolah dari berbagai sumber. Walaupun teknik bedah plastik pada saat sekarang merupakan salah satu cara efektif dalam memperbaiki estetika penampilan dan wajah agar tampak awet muda, pemanfaatannya hendaknya tidak serta merta melupakan kodrat sebagai manusia. Semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!