Health
Suntik Vitamin C

Suntik Vitamin C

Vitamin C atau asam askarbonat adalah antioksidan yang dibutuhkan tubuh manusia. Vitamin C tidak diproduksi oleh tubuh, dan harus didapatkan melalui makanan atau suplemen. Beberapa jenis makanan yang kaya vitamin C antara lain adalah jeruk, jambu biji, dan tomat. Khususnya bagi kulit, vitamin C berfungsi mendukung pembentukan dan regenerasi sel agar kulit tetap kenyal dan lentur, mengurangi pembentukan melanin untuk mencerahkan warna kulit, serta melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Agar kulit mendapatkan khasiat vitamin C secara maksimal, Anda dapat melakukan terapi suntik vitamin C.

Pada kulit, vitamin C berfungsi sebagai ko-enzim dalam pembentukan substansi antar sel dan jaringan kolagen. Melalui suntik vitamin C, vitamin C akan langsung masuk ke dalam sel tanpa melewati sistem pencernaan, di mana sistem pencernaan bisa mengurangi penyerapan vitamin C pada tingkat sel hingga 95%. Dengan menyuntikkan vitamin C langsung ke dalam kulit, metode ini menjadi aman dari komplikasi lambung yang disebabkan kandungan asam pada vitamin C. Manfaat dari pemberian vitamin C dengan metode suntik pada kulit adalah sebagai berikut :

  • Sebagai antioksidan untuk menekan radikal bebas yang bisa merusak kulit
  • Merangsang produksi kolagen alami pada kulit
  • Membantu memperbaiki sel kulit yang rusak
  • Meningkatkan rona dan tekstur kulit

Injeksi vitamin C disuntikkan secara intra vena sebanyak 2 hingga 3 kali seminggu, atau melalui infus sebanyak 1 kali seminggu selama 5-20 menit. Melalui metode injeksi, dosis yang bisa disuntikkan mencapai 1500 mg, sedangkan dengan metode infus selama 30 menit hingga 2 jam dosis vitamin C yang bisa dimasukkan mencapai 2000 mg. Dosis sebesar ini ditujukan untuk membuat jaringan sel jenuh dengan vitamin C. Tidak semua vitamin C tersebut akan diserap oleh tubuh, dan kelebihannya akan dikeluarkan melalui urin. Namun demikian, penggunaan vitamin C dosis tinggi secara berlebihan dalam jangka panjang akan membebani kerja ginjal. Oleh karena itu, untuk menentukan dosis dan jangka waktu yang tepat Anda harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter kulit dan dokter umum. Selain itu, pengerjaannya harus dilakukan oleh tenaga medis yang profesional.

Ketika menggunakan metode suntik vitamin C, perlu diketahui berbagai efek dan masalah yang mungkin timbul. Injeksi vitamin C pada awalnya akan menyebabkan ”detoksifikasi” atau pembuangan racun dari dalam tubuh selama 1-2 hari setelah perawatan, yang ditandai dengan gejala seperti flu atau perasaan keruh. Selain itu vitamin C dosis tinggi juga dapat menurunkan tekanan darah yang ditandai dengan kelelahan, mual dan kepala ringan, sehingga sangat disarankan untuk berada dalam kondisi fit sebelum terapi suntik, termasuk diantaranya cukup makan dan cukup tidur.

error: Content is protected !!