Parenting
Tanda Bayi Sehat Saat Dilahirkan

Tanda Bayi Sehat Saat Dilahirkan

Kehadiran seorang anak terutama bagi yang pertama menunggu kehadiran anak dalam keluarga kecil merupakan hal yang sangat membahagiakan. Anda atau siapapun  tentu menginginkan bayi yang telahir dalam keadaan yang sehat dan sempurna. Bagi ibu baru atau keluarga yang baru menyambut kehadiran bayi baru mungkin mengalami beberapa pertanyaan seputar kondisi awal bayi baru lahir.

Untuk itu orang tua dan keluarga  bayi  hendaknya mengetahui tanda bayi sehat setelah proses kelahiran di minggu-minggu pertama kehadiran bayi. Beberapa kondisi bayi yang seringkali dan perlu diketahui oleh orangtua bayi dan keluarganya adalah :

  1. Memiliki berat 2,5 hingga 4 kilogram.
  2. Memiliki ukuran lingkar kepala 33 hingga 35 cm
  3. Bernapas 40 hingga 60 kali per menit
  4. Saat diukur, maka detak jantungnya 120 hingga 140 kali per menit
  5. Memiliki panjang 48 hingga 52 cm
  6. Memiliki ukuran lingkar dada 30 hingga 38 cm.
  7. Bulu halus pada badan sudah tidak nampak atau menipis, rambut di kepala sudah tumbuh. 
  8. Bayi akan mengeluarkan kotoran 24 jam setelah dilahirkan, ini menjadi tanda apakah pencernaan dalam perut bayi sudah normal atau belum.
  9. Bentuk kotoran bayi yang baru saja dilahirkan biasanya berwarna hitam kehijau-hijauan dan lengket.
  10. Kuku pada jari kaki dan tangan agak panjang, tipis, dan lemas. 
  11. Memiliki reflek menelan dan menghisap yang baik saat diberi Inisiasi Menyusui Dini (IMD). 
  12. Warna kulit badan biasanya kemerah-merahan dan agak licin saat disentuh
  13. Reflek tangan mengenggam yang baik. 
  14. Memiliki gerak reflek yang baik memeluk saat dikagetkan. Saat dilihat kemaluan pada bayi, testis bayi laki-laki sudah turun atau terlihat sedangkan pada bayi perempuan, labia mayora (bibir kemaluan) sudah melindungi labia minora 
  15. Telinga bayi yang baru lahir akan terasa lembut dan terkulai serta salah satu sisinya akan membungkuk sedikit, tetapi, semakin lama tulang rawan di telinga akan semakin mengeras dan bentuk telinga akan terlihat jelas. 

Pada umumnya bayi yang baru lahir akan berlumur darah dan cairan amniotik, kadang-kadang dilapisi dengan vernix yang berupa substansi mirip keju yang melindungi kulit bayi ketika masih ada di dalam rahim. Kulit bayi yang baru lahir juga dilapisi bulu halus yang hitam, bernama lanugo, yang hilang atau rontok setelah bayi berumur 2 bulan. Warna kulit bayi yang awalnya kelihatan biru tua, setelah bayi mulai bernafas akan berubah menjadi merah jambu. Kebanyakan bayi akan menangis ketika dilahirkan, dan ada juga yang mulai bernafas perlahan-lahan. Namun apabila bayi tidak segera bernafas, dokter harus menggosok-gosok punggung atau mengurut telapak kaki bayi sehingga buah hati anda segera bernapas.

Pada saat kelahiran tangan dan kaki warnanya akan kelihatan lebih gelap daripada bagian tubuh lainnya, tetapi dengan bertambahnya umur bagian ini akan lebih merah jambu. Anda akan memperhatikan adanya kerutan dan garis-garis sepanjang lipatan kulit. Kaki dan lengan biasanya terlipat sebagai akibat keadaan tertekuk dalam rahim sang ibu. Keadaannya akan tetap demikian selama beberapa bulan pertama

Sangat penting bagi orangtua/keluarga yang sedang menyambut kedatangan bayi untuk mengetahui beberapa hal di atas. Sehingga apabila terjadi beberapa tanda-tanda seperti dibawah ini yaitu : 1).bayi yang tidak menangis hanya diam saja bisa jadi telah banyak meminum air ketuban. 2). Tubuh bayi kemerahan, tidak biru-biru. 3).bayi tidak bergerak aktif untuk menemukan puting susu ibunya. 3). Bayi menyusu dengan payudara ibu dengan lemah atau tidak sama sekali beberapa waktu  maka orangtua wajib untuk memberi memberitahukannya kepada dokter.

error: Content is protected !!