Parenting
Tanda-tanda Bayi Sehat dalam Kandungan

Tanda-tanda Bayi Sehat dalam Kandungan

Setiap Ibu hamil pasti mengalami kekhawatiran dan kecemasan pada masa kehamilan, apalagi jika kehamilan itu sudah lama dinantikan. Hal ini sangat wajar, karena Anda memang tidak bisa melihat langsung kondisi janin dalam kandungan. Kondisi tersebut seringkali memunculkan beberapa pertanyaan, antara lain : “apakah tumbuh kembang si kecil normal didalam kandungan? Apakah janin dalam keadaan sehat? Apakah berat badan janin sesuai dengan usia kehamilan? Dan masih banyak pertanyaan-pertanyaan lainnya. Sebenarnya, ibu hamil tidak perlu cemas dan khawatir, karena dengan rutin memeriksakan kehamilan ke dokter, ibu akan mengetahui tanda-tanda bayi sehat dalam kandungan.

Melalui alat USG, ibu tidak hanya bisa melihat jenis kelamin janin dalam kandungan, tapi juga memantau tumbuh kembang janin dan mendeteksi kelainan yang terjadi pada kehamilan. Karena itu, selain menjaga asupan nutrisi selama kehamilan berlangsung, penting sekali bagi ibu hamil untuk rutin memeriksakan kehamilannya ke bidan atau dokter kandungan. Nah, agar lebih jelasnya, simak informasi tentang tanda-tanda bayi sehat dalam kandungan berikut ini :

  • Perut ibu membesar. Tanda-tanda janin dalam kandungan sehat bisa dilihat dari membesarnya perut ibu hamil sesuai dengan usia kandungan. Pada saat memeriksakan kehamilan, dokter/bidan akan memeriksa besarnya rahim untuk mengetahui apakah sudah sesuai atau tidak dengan usia kehamilan, misalnya pada usia kehamilan 20 minggu yang ditandai dengan ukuran rahim yang teraba setinggi pusar.
  • Terjadi kenaikan pada berat badan ibu hamil. Berat badan naik pada saat hamil merupakan salah satu tanda janin sehat dalam kandungan. Jadi, apabila ibu hamil tidak mengalami kenaikan berat badan yang sesuai dengan usia kehamilan, maka bisa jadi janin dalam kandungan tidak mengalami kenaikan berat badan. Kondisi tersebut menunjukkan adanya masalah pada kehamilan Anda, misalnya janin tidak berkembang, perkembangan janin terhambat, atau ada masalah lainnya. Kenaikan berat badan Ibu selama kehamilan yang menunjukkan kehamilan dan janin dalam kondisi sehat adalah 11-15kg. Periksakan kehamilan secara berkala, agar segera mendapatkan penanganan ketika terjadi suatu masalah dalam kehamilan.
  • Detak jantung janin. Detak jantung janin dalam kandungan memang tidak bisa dideteksi secara langsung oleh ibu hamil, namun dengan menggunakan alat khusus, seperti USG dan doppler, detak jantung janin dalam kandungan bisa dilihat dan didengar dengan jelas. Melalui alat ini, dokter bisa mendeteksi apakah janin Anda sehat atau tidak. Detak jantung sehat dan normal apabila berdenyut sebanyak 110/160 kali per menit.
  • Adanya gerakan janin. Gerakan janin merupakan salah satu tanda janin sehat dalam kandungan. Ibu bisa mulai merasakan gerakan janin pada usia kehamilan 16 hingga 20 minggu. Gerakan janin sehat bisa dirasakan sebanyak 6 hingga 10 kali dalam sehari. Gerakan janin seperti menendang, menggeliat, memukul akan terus bertambah kuat seiring usia kehamilan ibu. Namun umumnya pada saat kehamilan bertambah besar, gerakan janin akan mengalami penurunan akibat berkurangnya ruang gerak janin yang terus bertambah besar.
  • Tumbuh kembang Janin Sempurna. Pemeriksaan rutin ke dokter kandungan dibutuhkan untuk mengetahui apakah tumbuh kembang janin dalam kandungan Anda sehat dan sempurna, terutama pemeriksaan menggunakan alat USG. Melalui alat tersebut, dokter dapat mendeteksi apakah detak jantungnya norrmal, apakah berat badan janin sudah sesuai, berapakah diameter kepala janin, panjang tulang, organ dalam janin, dan juga jenis kelamin janin dalam kandungan.

Nah, sudah tahu kan apa saja Tanda-tanda bayi sehat dalam kandungan. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua.

error: Content is protected !!