Tips
Tips Aman Memilih Kuku Palsu

Tips Aman Memilih Kuku Palsu

Siapa sich yang tidak ingin tampil cantik dan menarik dihadapan semua orang? Salah satu cara mempercantik penampilan adalah dengan pemakaian kuku palsu. Adapun manfaat memakai kuku palsu, adalah mempercantik penampilan, mengekspresikan diri dan mengurangi kebiasaan buruk, seperti menggigit kuku, menghisap jari. Tahukah Anda, terdapat dua metode dalam pembuatan kuku palsu, yakni :

  1. Tips merupakan metode pembuatan kuku palsu dengan cara membentuk plastik tipis hingga menyerupai kuku dan pemakaiannya ditempelkan pada bagian ujung kuku asli yang ditambahkan akrilik sehingga nampak terlihat seperti kuku asli.
  2. Forms merupakan metode pembuatan kuku palsu dengan cara menempel cetakan kuku pada kuku asli secara menyeluruh, kemudian akan ditambahkan senyawa kimia dan dibiarkan hingga kering, baru setelah itu kuku palsu bisa dihias sesuai keinginan.

Bagi Anda yang baru mengenal kuku palsu, Anda harus benar-benar jeli memilih kuku palsu yang tepat. Berdasarkan material pembuatannya, kuku palsu dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain :

  • Kuku palsu akrilik, merupakan kombinasi polimer bubuk dengan senyawa akrilik cair yang dengan dioleskan pada kuku asli menggunakan kuas akrilik, lalu dibiarkan kering dengan sendirinya dan terbentuklah kuku palsu. Setelah jadi, Anda bisa menghiasnya sesuai desain kesukaan Anda.
  • Kuku palsu gel, yakni kuku palsu yang dibuat dari gel ultraviolet yang diaplikasikan pada kuku asli kemudian dikeringkan dengan cara : menjemur di bawah sinar ultraviolet dan dengan cara menyemprotkan adonan kuku menggunakan cairan khusus
  • Kuku palsu tempel, yakni sebuah acsesoris kuku yang dibuat dari bahan-bahan tertentu, misalnya kertas, kain, serat kaca, sutera, dan linen yang kemudian dibentuk menyerupai kuku asli. Cara penggunaan kuku palsu tempel sangat mudah yaitu dengan menempelkannya diatas permukaan kuku.
  • Sculptured nail, yakni kuku palsu yang dibuat dengan menempelkan adonan serat kaca dengan akrilik pada kuku asli, yang kemudian dibuat agak panjang sesuai keinginan dan diukir dengan logam.

Jadi, mau pilih yang mana diantara keempat jenis kuku palsu diatas? Tidak perlu bingung, asalkan kuku terbuat dari bahan yang aman, dikerjakan oleh orang yang profesional, dan terhindar dari resiko alergi maupun infeksi.

Bahaya Pemakaian Kuku Palsu

Selain memilih bahan yang aman dan baik untuk kuku palsu, ada hal lain yang wajib diperhatikan ketika memutuskan memakai kuku palsu, yakni kebersihan karena pemasangan kuku yang tidak benar bisa menyebabkan berbagai resiko, misalnya kerusakan kuku asli, bengkak, infeksi, dermatitis, dan lain sebagainya. Untuk meminimalisir kejadian tersebut, simak tips berikut ini :

  • Pilihlah salon profesional yang sudah berpengalaman menangani kuku palsu
  • Gunakan sarung tangan ketika melakukan pekerjaan rumah tangga, misalnya mencuci baju, mencuci piring, mengepel, memasak, dan lain sebagainya.
  • Gantilah kuku palsu setelah 6 bulan
  • Berikan jeda waktu istirahat sebelum memutuskan memakai kuku palsu yang baru

Aman Memilih Kuku Palsu

Meskipun kuku palsu dapat mempercantik penampilan Anda, namun jika pemilihannya tidak tepat justru akan berakibat fatal, misalnya kuku asli menjadi rusak. Nah agar tidak terjadi hal buruk pada kuku Anda, maka simak tips aman memilih kuku palsu, berikut ini :

  • Pahami karakter kuku asli Anda, karena akan memudahkan pemilihan kuku palsu yang cocok untuk Anda.
  • Pilihlah ukuran kuku palsu yang tepat, karena tiap orang memiliki ukuran kuku yang berbeda-beda. Dengan memilih ukuran yang tepat, maka kuku akan lebih awet dan nyaman dipakai.
  • Pilihlah kuku palsu yang sesuai keinginan Anda, misalnya jika ingin kuku palsu yang kuat maka pilihlah kuku palsu akrilik, jika ingin kuku palsu yang mirip dengan kuku asli maka pilihlah kuku dari gel, dan pilihlah kuku palsu tempel jika lebih suka yang simple, ringan dan terkesan natural.
  • Kenali tekstur kuku palsu, kombinasikan dua unsur, yakni kuat dan fleksibel. Pastikan tingkat ketebalannya tepat yang menunjukkan kuku palsu kuat dan kuku juga harus fleksibel sehingga mudah dibengkokkan tanpa patah.
  • Pilihlah warna kuku palsu, karena merupakan salah satu unsur terpenting yang membuat penampilan Anda semakin menarik. Pilih warna bening atau sesuai kulit jika ingin terlihat natural, dan pilihlah warna mencolok jika ingin terlihat menarik perhatian.
  • Pastikan kuku palsu terbuat dari bahan yang aman dan tidak membahayakan bagi kesehatan, misalnya tidak mengandung senyawa kimia berbahaya methyl methacrylate dan lain sebagainya.

Setelah memutuskan memakai kuku palsu, apakah masalah Anda akan berhenti sampai disitu saja? Anda salah, karena banyak yang harus diperhatikan saat mengenakan kuku palsu, yakni :

  • Pastikan kebersihan kuku Anda terjaga, hindari suasana lembab dan kotor karen dikhawatirkan menimbulkan infeksi penyakit.
  • Pilihlah aktivitas yang tidak banyak melibatkan kuku Anda, misalnya mencuci, main gitar, main keyboard, dan aktivitas lain yang justru merusak penampilan kuku palsu Anda
  • Proses pemasangan kuku palsu, yakni pastikan kenyamanan dan keamanannya.
  • Perawatan kuku palsu agar kuku palsu tetap terjaga dan tahan lama, serta menjaga kesehatan kuku aslinya.
  • Perhatikan ketika melepas kuku palsu. Hindari mencabut paksa atau berlaku kasar karena dikawatirkan akan merusak atau menyakitkan. Caranya adalah merendam dengan air hangat selama beberapa menit, kemudian tarik perlahan.

Semoga informasi tentang tips aman memilih kuku palsu diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua.

error: Content is protected !!