Tips
Tips Memakai Sepatu Hak Tinggi

Tips Memakai Sepatu Hak Tinggi

Bagi sebagian wanita penampilan merupakan hal utama yang harus diperhatikan, bukan hanya sekedar agar terlihat menarik,  penampilan yang tepat juga akan menambah kepercayaan diri mereka. Salah satu bagian dari penampilan yang cukup menjadi perhatian para wanita adalah sepatu.Terutama sepatu dengan hak yang tinggi atau yang biasa disebut stiletto heels.  Mengapa?  Karena sepatu dengan hak tinggi dapat membuat wanita menjadi lebih tinggi,  dan membuat penampilan wanita secara keseluruhan menjadi lebih menarik.

Berbagai macam sepatu berhak tinggi tersedia bagi para wanita, mulai dari yang mempunyai hak setinggi 5 cm sampai lebih dari 20 cm dan dengan berbagai model, bahan dan warna.  Sepatu hak tinggi memang membuat wanita terlihat lebih oke,  tetapi seringkali pula menyebabkan timbulnya berbagai keluhan seperti rasa nyeri pada betis, rasa ngilu pada pinggang dan tulang belakang sampai pada munculnya varises. Gangguan-gangguan inilah yang harus dihindari.

Berikut ini adalah beberapa tips memilih sepatu hak tinggi yang harus diperhatikan untuk menghindari keluhan saat menggunakan sepatu hak tinggi,  yaitu :

  • Ukuran yang tepat. Pastikan anda memilih sepatu yang ukurannya tepat untuk kaki anda. Jangan terlalu pas apalagi kekecilan. Pastikan bahwa  seluruh kaki anda muat dengan pas pada sepatu tersebut,  terutama pada bagian tumit,  karena tumit  menjadi tumpuan badan anda.
  • Perhatikan Posisi Hak Sepatu. Posisi hak sepatu harus tepat berada ditengah-tengah tumit.  Kenakanlah sepatu hak tinggi dan kemudian pehatikan posisi hak sepatu. Bila tidak tepat ditengah akan berbahaya bagi anda karena saat dipergunakan berjalan akan membuat langkah anda tidak kokoh. Anda bisa tergelincir.
  • Perhatikan Ketebalan Hak sepatu. Sesuaikanlah ketebalan hak sepatu hak tinggi dengan bentuk badan anda.  Apabila bentuk badan anda agak besar dan anda belum terbiasa menggunakan sepatu hak tinggi,  maka pilih hak sepatu yang lebih tebal karena akan lebih nyaman.
  • Pilih Sol Yang Berlapisan. Jika Anda ingin memakai sepatu hak tinggi tanpa rasa sakit, pilihlah sepatu yang memiliki semacam lapisan pada solnya. Jangan pernah memilih sepatu hak tinggi tanpa lapisan terutama pada bagian tumit, sebab dapat menyebabkan kaki Anda goyah saat berjalan.

Setelah tahu cara memilih sepatu hak tinggi yang baik,  maka perhatikan juga cara-cara memakai high heels yang benar yaitu:

  1. Pada saat melangkah pastikan bahwa tumit anda yang menyentuh tanah terlebih dahulu dan melangkahlah secara hati-hati, jangan terburu-buru atau berlari karena hanya akan membuat anda menjadi mudah tergelicir.
  2. Pastikan jari-jari kaki anda lurus dan tidak terlipat, jari-jari kaki yang terlipat hanya akan membuat kaki anda menjadi mudah pegal dan sakit.
  3. Pastikan saat melangkah posisi kedua kaki anda berdekatan dan jangan membuat jarak yang terlalu lebar yang akan membuat tubuh anda menjadi tidak seimbanga.
  4. Melangkahlah dengan langkah yang lebih kecil dan melangkahlah dengan kokoh,  agar tidak memberi efek pada tulang belakang anda.
  5. Istirahatkan kaki anda.  Cobalah untuk melepaskan sepatu hak tinggi anda beberapa saat untuk mengurangi tekanan pada kaki anda.
  6. Apabila anda belum terbiasa menggunakan sepatu hak tinggi,  ada baiknya anda berlatih dahulu agar anda paham betul bagaimana melangkah dengan baik.

Demikianlah cara memilih dan memakai sepatu hak tinggi dengan baik agar terasa lebih nyaman saat dipakai. Selamat mencoba!

error: Content is protected !!