Tips
Tips Memilih Bulu Mata Palsu

Tips Memilih Bulu Mata Palsu

Untuk tampil cantik terdapat beraneka cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan bulu mata palsu sebagai pengganti maskara. Mulu mata palsu merupakan buku mata buatan yang ditempelkan pada bagian pelupuk mata atas atau bawah guna membuat tampilan mata nampak lentik. Terdapat beberapa tips memilih bulu mata palsu sebagai berikut :

  • Memperhatikan bahan. Bulu mata dilekatkan pada tepi mata, sehingga bahan yang tidak membuat iritasi mata sangat diperlukan. Diperlukan bahan bulu mata yang alami. Bahan yang dibuat dari rambut aseli dan diproses secara steril dan disebut dengan istilah scarlet adalah yang terbaik untuk bulu mata palsu. Teksturnya sangat ringan, lentur dan tidak mengakibatkan iritasi atau gatal pada mata. Memang bulu mata yang dibuat dengan bahan scarlet ini cukup mahal namun bagi yang sering mengenakan bulu mata palsu alangkah lebih baiknya menggunakan jenis bulu mata ini. Bulu mata dengan bahan scarlet didesain untuk penggunaan berulang sehingga bukan bulu mata sekali pakai sebagaimana yang dijual dengan harga yang lebih murah.
  • Pilih bahan yang tidak mudah rontok. Bahan bulu mata yang bagus tidak mudah rontok sehingga tidak mengganggu tampilan. Bulu mata yang rontok juga sering membuat pemakai menjadi gatal dan mengalami iritasi. Bulu mata dengan kualitas baik pada umumnya kuat dan tidak rontok.
  • Bagian dasar pelekat yang agak lebar. Bahan dasar untuk melekatkan cukup berpengaruh terhadap daya lekat bulu mata. Untuk bulu mata berkualitas bagus pada umumnya memiliki band atau pelekat yang cukup lebar, meskipun tetap tidak memenuhi pelupuk namun sering dapat ditambah dengan bubuhan eyeliner pada bagian band pelekatnya. Selain itu perlu dicari bulu mata dengan band pelekat yang tidak terlalu kaku dan menimbulkan rasa gatal pada mata.
  • Ukuran disesuaikan dengan ukuran mata. Bulu mata ditujukan untuk memperindah tampilan mata. Bulu mata yang terlalu panjang ukuran garis lekatnya atau terlalu pendek tentu membuat penampilan menjadi tidak sempurna. Oleh karena itu sebelum menggunakan bulu mata, sebaiknya diukur terlebih dahulu apakah sesuai dengan lingkat busur bola mata, dapat dicobakan terlebih dahulu. Jika terlalu panjang bulu mata dapat dipotong supaya tepat menempel di sepanjang garis mata.
  • Lengkung dan panjang bulu mata. Panjang helai dari bulu mata sangat mempengaruhi penampilan. Bagi yang memiliki bola mata bulat dan penuh, maka bulu mata yang panjang dan tebal sangat cantik untuk dikenakan. Akan tetapi bagi yang memmiliki mata kecil dan sipit, maka mengenakan bulu mata panjang yang tebal membuat mata menjadi tenggelam dan tidak mempercantik tampilan justru mengakibatkan mata terkesan seram dan pekat. Oleh karena itu panjang serta tebalnya bulu mata disesuaikan dengan ukuran mata. Untuk mata sipit atau kecil dapt mengenakan bulu mata yang agak jarang, kemudian tidak terlalu panjang. Dapat pula menggunakan bulu mata bawah untuk diletakkan pada bagian atas bulu mata.
  • Memilih pelekat yang bening. Ini tidak berhubungan secara langsung dengan bulu mata, namun penggunaan lem yang tepat akan membuat bulu mata terpasang sempurna dan indah pada mata. Selain itu juga tidak menimbulkan iritasi. Gunakan lem yang memiliki daya rekat cukup, berwarna bening sehingga tidak mengganggu tampilan. Perekat yang terlalu kuat juga tidak baik karena akan sulit dilepas dan terkadang menyisakan kotoran pada daerah pelekatan bulu mata.

Demikian tips memilih bulu mata palsu. Selamat berkreasi dengan riasan menggunakan bulu mata palsu.

error: Content is protected !!