Tips
Tips Memilih Contact Lens yang Tepat

Tips Memilih Contact Lens yang Tepat

Jika Anda ingin memakai lensa kontak, jangan hanya tergiur harga murah atau modelnya yang menarik, sebaiknya pertimbangkan pilihan Anda agar terasa nyaman pada mata. Beberapa tips memilih contact lens yang tepat akan dijabarkan dalam uraian singkat ini. Semoga membantu.

Secara garis besar, pemilihan lensa kontak harus mengikuti beberapa syarat termasuk; waktu pemakaian, apakah itu sekali pakai atau permanent, dan yang berikutnya adalah jenis lensa – ada lensa yang bening, ada pula lensa yang berwarna sehingga mampu mengubah warna mata Anda. Pemilihan lensa kontak yang tidak disertai pengetahuan medis yang benar dapat berbahaya bagi kesehatan mata Anda. Langkah pertama dalam memilih lensa kontak adalah mengenal dua tipe dasar lensa: lunak dan keras. Setelah Anda memutuskan untuk memilih lensa keras atau lunak, ada banyak kategori lensa kontak yang tersedia, baik dalam hal bagaimana mereka membantu penglihatan Anda dan seberapa sering lensa tersebut perlu diganti.

Untuk melengkapi tips memilih contact lens yang tepat, berikut ini beberapa tipe lensa kontak yang bisa menjadi pertimbangan:
Yang pertama yaitu lensa kontak untuk pemakaian harian. Jenis ini merupakan pilihan yang paling murah. Lensa jenis ini harus dilepas setiap malam hari menjelang tidur dan dimasukkan ke cairan khususn untuk didesinfeksi. Jadwal penggantian kontak jenis ini pun beragam, tergantung jenis dan mereknya, ada yang dua minggu, tiga bulan, enam bulan atau satu tahun.

Jenis kedua yaitu extended contact lenses. Lensa kontak ini dirancang untuk dipakai semalaman, bahkan saat Anda tidur pun lensa ini masih boleh dipakai. Namun setidaknya lensa ini perlu dilepas satu kali dalam seminggu untuk pembersihan dan desinfeksi. Namun, banyak profesional mata tidak menyarankan penggunaan lensa ini. Ketika Anda tidur dengan lensa kontak Anda, Anda mengurangi jumlah oksigen ke mata, sehingga membuat mata lebih rentan terhadap infeksi – terutama infeksi kornea.

Jenis ketiga yaitu lensa kontak sekali pakai. Lensa ini sangat aman terutama bagi mereka yang memiliki alergi. Menggunakan lensa ini memerlukan biaya lebih, karena hanya cukup dipakai sekali saja, kemudian Anda membutuhkan lensa baru untuk pemakaian berikutnya. Namun sangat cocok bagi Anda yang tidak telaten dalam merawat lensa kontak.

Lensa kontak toric yaitu jenis lensa yang digunakan untuk memperbaiki astigmatisme, suatu kondisi di mana penglihatan kabur karena kornea berbentuk tidak teratur. Jenis ini biasanya lebih mahal daripada lensa kontak lainnya.

Lensa kontak berwarna adalah pilihan berikutnya. Lensa berwarna ini dapat secara dramatis mengubah warna mata Anda – membuat mata cokelat Anda terlihat biru atau hijau, misalnya – atau meningkatkan warna alami Anda. Mereka bisa digunakan untuk tujuan murni kosmetik dan estetika, atau juga untuk membantu penglihatan Anda.

Jenis lensa terakhir yaitu lensa kontak multifokal. Lensa ini ditujukan untuk orang yang memiliki gangguan presbyopia. Gangguan ini biasanya ditemukan pada orang yang berusia lanjut dimana kondisi matanya tidak mampu melihat benda pada jarak dekat secara fokus. Lensa bifocal atau multifocal mampu membantu kondisi ini. Salah satu teknik, yang disebut monovision, menggunakan lensa kontak untuk jarak jauh di mata dominan dan lensa kontak untuk penglihatan dekat di mata non-dominan. Modifikasi monovision menggunakan lensa bifocal atau multifokal pada mata non-dominan.

Semoga tips memilih contact lens ini mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda dalam menentukan jenis lensa yang tepat untuk membantu penglihatan Anda.

error: Content is protected !!