Tips
Tips Memilih Kosmetik Sesuai Jenis Kulit

Tips Memilih Kosmetik Sesuai Jenis Kulit

Kosmetik merupakan salah satu bagian dari rangkaian tata rias dan kecantikan yang memiliki sejarah panjang. Sejarah panjang kosmetik yang diperkirakan dimulai pada semenjak jaman Sumeria Kuno sekitar abad ke-3 sampai abad ke-4 SM hingga sekarang, telah berevolusi dengan berbagai macam inovasi dan penemuan yang berguna untuk memperindah estetika tubuh dan wajah. Menyadari bahwa kosmetik merupakan bagian penting dalam kehidupan wanita serta berbagai fakta bahwa tidak semua wanita memiliki kesamaan jenis dan warna kulit, maka inovasi tentang kosmetik tidak hanya berkisar pada terobosan warna dan jenisnya saja, tetapi juga memperhatikan kesesuaian, keserasian dan keamanan antara bahan kosmetik dengan jenis kulit agar tidak menimbulkan berbagai permasalahan seperti iritasi ataupun inflamasi. Kenali dengan baik tips memilih kosmetik sesuai jenis kulit agar berbagai gangguan kesehatan kulit akibat kosmetik bisa dihindari.

Kiat dan tips

Berikut ini beberapa kiat dan tips memilih kosmetik sesuai jenis kulit sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Kulit kering. Kulit kering ditandai dengan wajah yang terasa seperti daun kering ketika diraba, kesat dan seakan-akanpermukaan kulit mudah kaku dan menegang serta mudah berkerut. Untuk bedak, sebaiknya tidak menggunaan bedak tabur karena akan memperjelas kerutan pada wajah. Gunakan alas bedak atau mousse jenis creme yang berbahan dasar minyak untuk menambah kelembaban alami kulit yang dilanjutkan dengan bedak padat. Untuk riasan mata, gunakan eyeshadow ataupun eyeliner yang bertekstur atau cream, sedangkan untuk bibir bisa digunakan lipstik yang memiliki pelembab yang mengandung Vitamin E ataupun lidah buaya.
  • Kulit normal. Kulit normal ditandai dengan kulit yang terlihat lembab dan halus dengan kadar minyak sedang, tekstur permukaan kulit kenyal serta kadar jerawat tidak terlalu banyak. Tips memilih kosmetik sesuai jenis kulit normal bisa menggunakan semua jenis kosmetik dengan bahan dasar air ataupun minyak, hanya saja jangan terlalu sering menggunakan oil-based foundation karena dapat mempengaruhi produksi kelenjar minyak pada kulit.
  • Kulit kombinasi. Kulit kombinasi ditandai dengan kulit yang terlihat mengkilap di daerah hidung dan kening yang biasa dikenal dengan daerah T, tetapi kering pada daerah lain seperti pipi dan dagu. Kulit kombinasi mudah timbul komedo di dihidung serta jerawat di daerah kening. Untuk jenis kulit kombinasi, bisa dipilih jenis kosmetik apapun dengan memperhatikan daerah kondisi kulit.
  • Kulit sensitif. Kulit sensitif ditandai dengan kulit yang mudah mengalami iritasi ataupun inflamasi. Untuk kulit sensitif, hendaknya menggunakan produk yang khusus diperuntukkan untuk kulit sensitif dan tidak berpotensi menimbulkan alergi. Tips memilih kosmetik sesuai jenis kulit sensitif sebaiknya melakukan tes alergi pada kulit. Mintalah produk untuk tester pada pramuniaga, kemudian cobalah untuk mengaplikasikan produk pada punggung tangan. Jika terasa gatal atau perih, berarti kosmetik tersebut merupakan alergen dan biasanya mengandung bahan pengawet yang tinggi.
  • Kulit berminyak. Kulit berminyak ditandai dengan kulit yang terlihat mengkilap di seluruh bagian wajah. Jika ditekan menggunakan kertas minyak, maka akan terlihat basah oleh minyak. Untuk kulit berminyak sebaiknya menghindari pemakaian bedak dengan bahan dasar glitter atau shimmering powder, karena akan membuat wajah menjadi lebih berminyak.

Satu hal penting yang harus diingat dalam tips memilih kosmetik sesuai jenis kulit adalah kesesuaian antara warna kulit dengan warna kosmetik, karena kosmetik juga berguna untuk menyamarkan ketidaksempurnaan kulit baik dalam taraf ringan ataupun berat seperti flek hitam, pigmentasi atau bahkan permukaan kulit yang berlubang karena bekas jerawat ataupun cacar. Pemilihan warna kosmetik yang keliru seperti terlalu terang ataupun terlalu gelap justru akan membuat penampilan menjadi kurang menarik. Akan lebih baik apabila jenis kosmetika yang dipilih memiliki kualitas yang bagus agar tidak merusak kulit. Sudah menjadi rahasia umum bahwa seringkali kualitas kosmetik yang rendah sebagian besar mengandung bahan-bahan berbahaya bagi kulit seperti Merkuri atau Raksa. Semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!