Health
Vitamin Saat Hamil

Vitamin Saat Hamil

Kehamilan merupakan anugerah terbesar yang patut dijaga dengan baik oleh calon ibu.  Banyak cara yang dilakukan para ibu untuk menjaga kehamilannya, yakni dengan mengonsumsi asupan yang bergizi seimbang, membatasi aktivitas berat, menghindari pola hidup tidak sehat, dan rutin memeriksakan kehamilannya ke dokter kandungan untuk memastikan kondisi janin. Biasanya dokter akan meresepkan beberapa vitamin yang wajib dikonsumsi ibu hamil. Vitamin tersebut direkomendasikan untuk mengantisipasi apabila asupan sehari-hari Ibu hamil belum bisa memenuhi batas ideal asupan nutrisi penting bagi tumbuh kembang janin dalam kandungan. Lalu, apa sajakah vitamin saat hamil tersebut?

Sebelum mengetahui beberapa jenis vitamin saat hamil, tidak ada salahnya jika kita memahami betapa besarnya kebutuhan gizi ibu hamil seiring dengan pertambahan usia kandungan. Kebutuhan gizi ibu hamil akan terus meningkat ketika kehamilan mulai memasuki trimester kedua dan ketiga karena pada saat itu, pertumbuhan janin berlangsung sangat pesat, terutama perkembangan otak dan susunan syaraf janin sehingga sangat wajar apabila ibu hamil membutuhkan asupan gizi yang optimal. Adapun  beberapa vitamin yang dibutuhkan ibu hamil, diantaranya adalah :

  1. Asam Folat merupakan vitamin dibutuhkan ibu hamil sejak mulai merencanakan kehamilan hingga hamil. Asam folat bermanfaat untuk mengurangi resiko bayi lahir cacat seperti kelainan tulang belakang. Sumber makanan yang mengandung Asam Folat adalah sayur-sayuran, ( brokoli, kol, bayam), kacang-kacangan, dan buah-buahan (jeruk, stroberi, alpukat, pisang)
  2. Asam lemak omega 3 merupakan vitamin yang sangat dibutuhkan ibu hamil  untuk mencegah preeklampsia, depresi, keguguran, dan meningkatkan produksi ASI. Sumber makanan yang kaya lemak omega 3 adalah : ikan sarden, mackerel, salmon, biji-bijian, diantaranya : biji labu kuning dan kuaci.
  3. Zat besi sangat bermanfaat bagi ibu hamil karena ia membantu membawa tambahan oksigen dalam sel-sel darah merah. Kekurangan zat besi pada ibu hamil akan menimbulkan anemia.  Sumber makanan yang mengandung zat besi diantaranya daging merah, ikan, telur, buah kering, biji-bijian, sereal, roti, dan sayuran berdaun hijau. 
  4. Vitamin A sangat penting bagi bayi, terutama dalam proses perkembangan embrionya, pertumbuhan sel mata, jantung, telinga, melawan infeksi, membantu pertumbuhan tulang dan metabolisme lemak. Vitamin A memang baik apabila dikonsumsi dengan tepat, namun apabila kelebihan akan menimbulkan dampak negatif, misalnya cacat dan keracunan hati. Namun Anda jangan khawatir karena ada beberapa jenis vitamin A yang baik untuk kehamilan, misalnya daging, susu, ikan, telur, sereal, sayur dan buah-buahan berwarna orange seperti wortel, cabai, ubi, apricot, tomat, mangga, dan lain-lain.
  5. Vitamin B kompleks bermanfaat untuk menjaga sistem saraf, otot dan jantung. Sumber vitamin B compleks, diantaranya : serealia, biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran hijau, ragi, telur dan produk susu.
  6. Vitamin D bermanfaat untuk membantu pertumbuhan dan pembentukan tulang janin. Sumber vitamin D, diantaranya: minyak hati ikan, kuning telur dan susu.
  7. Vitamin E bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah yang sehat. Sumber vitamin E diantaranya :  gandum, kacang-kacangan, minyak sayur dan sayuran hijau.
  8. Kalsium merupakan suplemen terpenting bagi ibu hamil yang bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin, serta melindungi ibu hamil dari osteoporosis Sumber kalsium, diantaranya : sayuran hijau, susu, sinar matahari, dan kacang-kacangan.

Semoga informasi mengenai vitamin saat hamil dapat bermanfaat bagi Anda semua.

error: Content is protected !!