Health
Vitamin untuk Kulit

Vitamin untuk Kulit

Kulit merupakan bagian tubuh kita yang nampak tipis, namun merupakan pelindung tubuh kita. Oleh karenanya, kesehatan kulit tidak boleh dipandang sebelah mata. Terlebih bagi wanita. Kulit yang sehat dan cantik menjadi kebutuhan tersendiri. Untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, banyak produk untuk kulit digunakan. Namun, kita tidak boleh hanya mengandalkan produk kecantikan, kita juga harus mengonsumsi beberapa vitamin untuk kulit, karena vitamin-vitamin inilah yang sangat berperan dalam melindungi kulit.

Berikut ini beberapa vitamin untuk kulit beserta sumbernya.

  • Vitamin A. Vitamin A merupakan vitamin yang dibutuhkan dalam regenerasi sel kulit, sehingga vitamin ini sangat bagus untuk melawan tanda penuaan, seperti kerutan pada wajah, garis halus, ataupun kulit tidak cerah. Vitamin ini juga berperan besar dalam membangun jaringan kulit, sehingga vitamin ini juga membantu proses penyembuhan luka atau goresan pada kulit. Selain itu, bila kulit kita kekurangan vitamin A, kulit kita akan terasa kering, kasar, dan bersisik. Jerawat juga bisa muncul bila kita kekurangan vitamin A. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin A, kita dapat mengonsumsi cukup telur, susu, labu, hati, atau  wortel.
  • Vitamin C. Vitamin C dikenal sebagai antioksidan yang sangat baik bagi tubuh, begitu juga bagi kulit. Vitamin C sebagai antioksidan dapat melawan radikal bebas yang merupakan pemicu penuaan pada kulit. Selain itu, vitamin C juga berperan dalam merangsang produksi kolagen. Kolagen adalah protein yang berperan dalam menjaga kelembutan dan kehalusan kulit, serta keremajaan kulit. Konsumsi buah-buahan, dan sayuran seperti brokoli, tomat, atau timun dapat memenuhi kebutuhan vitamin C.
  • Vitamin E. Vitamin E terkenal sebagai vitamin untuk kulit. Bahkan suplemen vitamin E untuk kulit banyak diiklankan di media massa. Vitamin E memang vitamin yang penting untuk kesehatan dan kecantikan kulit karena vitamin ini juga berfungsi sebagai antioksidan penangkal radikal bebas. Vitamin ini dapat melindungi kulit dari polusi dan paparan sinar matahari yang berlebihan. Mengonsumsi cukup vitamin E dapat menghilangkan noda hitam pada kulit, kerutan, ataupun stretch marks. Vitamin E dapat ditemukan dalam biji bunga matahari, kacang-kacangan, almond, juga minyak zaitun.
  • Vitamin B Kompleks. Vitamin B1 berperan dalam melancarkan sirkulasi sehingga kulit tetap cerah karena kebutuhannya terpenuhi. Vitamin B1 dapat ditemukan dalam kuning telur, kacang-kacangan, dan kismis. Vitamin B3 membantu penyaluran oksigen ke kulit sehingga mencegah pembentukan jerawat. Vitamin B3 dapat ditemukan di brokoli dan tomat.

Beberapa vitamin untuk kulit dapat mudah ditemukan dalam produk kecantikan kulit, atau dalam bentuk suplemen yang bisa diperoleh secara mudah di apotek. Akan tetapi, vitamin yang kita konsumsi langsung dari makanan alami justru lebih baik bagi tubuh dan kulit.

error: Content is protected !!