Health
Vitamin untuk Otak

Vitamin untuk Otak

Belajar terus-menerus dapat membuat otak kita pintar. Eits… tunggu dulu. Seperti bagian tubuh yang lain, otak tidak bisa terus-menerus bekerja tanpa diberi makanan. Bagaimanapun juga otak membutuhkan asupan, dan salah satu asupan penting yang dibutuhkan otak adalah vitamin. Vitamin untuk otak dapat membantu kinerja otak sehingga otak bekerja lebih optimal, serta melindungi otak dari berbagai gangguan kesehatan.

Berikut ini beberapa vitamin untuk otak serta sumbernya.

  1. Vitamin E. Vitamin E merupakan vitamin untuk otak dengan banyak manfaat. Sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas, vitamin ini mampu menurunkan kadar amyloid. Amyloid merupakan protein yang terbentuk akibat radikal bebas, dan protein ini mengganggu jaringan saraf pada otak. Vitamin E juga dapat memperkuat dan melindungi pembuluh darah dari kerusakan akibat oksidasi. Hasilnya, stroke dapat dicegah. Manfaat hebat lainnya adalah vitamin E dapat memperlambat kerusakan otak pada penderita Alzheimer. Vitamin ini banyak ditemukan pada sayuran hijau, almond, kacang-kacangan, biji bunga matahari, serta asparagus.
  2. Vitamin C. Radikal bebas juga dapat merusak otak sehingga vitamin C sebagai antioksidan alami yang kuat sangat dibutuhkan otak untuk melawan radikal bebas. Selain itu, konsumsi vitamin C yang cukup dapat melawan stres dan membuat otak tetap aktif. Konsumsi sayur dan buah dapat mencukupi kebutuhan vitamin C pada otak.
  3. Vitamin B kompleks
    Berbagai vitamin B memiliki peranan besar dalam kesehatan otak.
    • Vitamin B1 (Thiamine). Vitamin ini dibutuhkan dalam memproses glukosa sebagai “bahan bakar” otak dalam bekerja. Kekurangan vitamin ini mengakibatkan kita mudah lupa, bingung, atau berkhayal. Sumber vitamin ini adalah biji bunga matahari, roti gandum, dan biji kedelai.
    • Vitamin B3 (Niacin). Vitamin ini dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi kolesterol darah, namun meningkatkan aliran darah ke otak. Kekurangan vitamin ini dapat mengakibatkan dementia (penurunan daya ingat). Sumber vitamin B3 adalah daging kalkun, kacang-kacangan, ikan tuna, susu, serta tahu.
    • Vitamin B6 (Pyridoxine). Vitamin ini berperan dalam pembentukan neurotransmitter yang merupakan saraf pengantar pesan pada otak. Kekurangan vitamin B6 menyebabkan depresi dan kebingungan. Vitamin B6 bisa ditemukan di pisang, biji bunga matahari, ikan, dan bayam.
    • B12 (Cobalamin). Vitamin ini terkenal sebagai vitamin untuk otak karena kaya akan manfaat untuk kesehatan otak. Vitamin ini membantu dalam peremajaan otak, mempertahankan fungsi otak, serta membantu produksi myelin sebagai pelapis serabut saraf. Kekurangan vitamin ini dapat mengakibatkan seseorang kehilangan ingatan dan depresi ringan. Kerang, sarden, dan hati sapi merupakan beberapa sumber vitamin B12.

Konsumsi vitamin untuk kulit harus dibarengi dengan gaya hidup yang sehat, seperti menghindari rokok dan minuman beralkohol. Asap rokok dan alkohol dapat menghambat penyerapan vitamin untuk otak.

error: Content is protected !!